Mewujudkan  SMP Negeri 4 Ponorogo Sekolah Bersih Dan Sehat Dengan Program “Sabtu Bersih“

Sekolah sehat di definisikan sebagai lingkungan sekolah dengan kondisi yang bersih, nyaman, aman, nyaman dan sehat untuk ditempati saat melakukan aktivitas di sekolah.

Dalam rangka menjadikan sekolah yang sehat, maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan termasuk air, tumbuhan, tanah serta penataan ruang yang hendaknya dipelihara dari berbagai macam pencemaran.

            Menjaga kebersihan lingkungan sekolah sangatlah berguna karena dengan lingkungan yang bersih tercipta kehidupan yang nyaman, sejuk, dan sehat. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, maka kita dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan pun menjadi lebih sejuk dan bebas dari polusi udara dan kita pun lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di sekolah. Lingkungan yang bersih dapat mendorong semangat belajar siswa dan kebersihan lingkungan juga dapat menjadi  keunggulan sekolah.

            SMP Negeri 4 Ponorogo  merupakan sekolah peduli lingkungan yang sehat, bersih, serta indah. SMP Negeri 4 Ponorogo  telah berusaha untuk ikut serta dalam melaksanakan program Adiwiyata dengan harapan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Di sekolah, seluruh warganya mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan juga siswa harus menjaga dan merawat kelestarian lingkungan sekolah agar dapat beraktivitas dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya

            Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman untuk belajar, maka diperlukan langkah-langkah nyata untuk melestarikan lingkungan sekolah, seperti: yang saat ini dilaksanakan yaitu SABTU BERSIH. yaitu  kegiatan yang dilaksanakan setiap hari sabtu sebelum pembelajaran dimulai sekitar 30 menit. Kegiatan tersebut berupa membersihkan lingkungan sekolah sekitar sesuai dengan pembagian yang telah diatur oleh kurikulum . Semua warga sekolah wajib mengikuti kegiatan SABTU BERSIH sebagai wujud kerbersamaan dan  gotong royong semua warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan SABTU BERSIH. Hal  yang lebih utama adalah  selalu menghimbau semua warga sekolah turut menjaga dan merawat kebersihan serta keindahan sekolah.

            Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan. Secara keseluruhan, kebersihan, dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Selain guru dan siswa, pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan asri tidak lepas dari peran orang tua, swasta, lembaga masyarakat maupun pemerintah. Akhirnya, diharapkan akan lahir siswa yang cerdas, berbudi, visioner, berwawasan global serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungan baik di sekolah maupun masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *