Pemuda Yang Trengginas Demi Tercapainya Generasi Emas Bangsa di Masa Zaman Milineal Di Lingkungan SMP Negeri 4 Ponorogo

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. “Sumpah Pemuda” muncul karena adanya kesadaran rakyat Indonesia sebagai bnagsa yang sedang dijajah oleh bangsa asing pada tahun 1908 yang dikenal dengan nama Kebangkitan Nasioanl ( bangsa).

Pada tanggal 28 Oktober 1928 menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai penyemangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. “Sumpah pemuda” merupakan keputusan dari Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama 2 hari, pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

 “Sumpah Pemuda” murni dari pikiran para pemuda yang tergabung dalam satu himpunan bernama PPPI ( Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).  Pada tanggal itu pula, lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan walau hanya berupa syair yang pada akhirnya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

“Sumpah Pemuda” yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober itu untuk membuat para pemuda-pemuudi bangsa Indonesia mengingat akan perjuangan-perjuangan para pemuda Indonesia zaman dulu dalam mewujudkan Indonesia merdeka. Juga sebagai waktu untuk pemuda Indonesia dapat mereflesikan diri melalui hal-hal yang positif.

Saat ini kondisi bangsa Indonesia tengah dihadapkan dengan banyaknya persoalan. Mulai dari adanya pandemic Covid-19, bencana alam yang silih berganti menerpa wilayah di Indonesia, radikalisme, korupsi, dan sebagainnya.  Dan yang sangat bahaya adalah ancaman perpecahan dari bnagsa sendiri.

Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini yang meskipun dalam kondisi ditengah pandemic Covid-19, khususnya diSMP Negeri 4 Ponorogo diharapkan pemuda-pemudi Indonesia bisa memberikan konstribusi nyata untuk mengembalikan lagi semangat persatuan dan menjunjung tinggi nama bangsa Indonesia. Mereka adalah kekuatan potensial dalam menggerakkan perubahan sosial.

Pemuda-pemudi diera sekarang ini, mulai menganggap remeh tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Banyak dari mereka yang ditanya tentang isi sumpah pemuda tidak hafal bahkan tidak tahu sama sekali dengan isi Sumpah Pemuda. Inilah yang membuat bangsa Indonesia tidak maju, karena kurangya didikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan sejak dini.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *