Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2021 Di Masjid Agung Ponorogo

Masjid Agung Ponorogo merupakan masjid raya dan masjid terbesar yang terletak di kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Masjid ini telah berusia lebih dari seratus tahun dan dibangun oleh penguasa Ponorogo pada waktu itu yang bernama Raden Mas Adipati Aryo Tjokronegoro. Arsitektur masjid ini menggunakan perpaduan antara arsitektur bangunan Jawa dengan arsitektur bangunan dari Timur Tengah.

Masjid Agung Ponorogo terletak di Jalan Aloon-aloon Barat Kabupaten Ponorogo. Dibangun pada tahun 1858 oleh Raden Mas Adipati Aryo Tjokronegoro selaku penguasa Ponorogo pada zaman tersebut. Ciri khas yang tampak pada bagian depan bangunan masjid terdapat 9 kubah kecil berwarna hijau, yang menandakan 9 wali yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa.

                SMP Negeri 4 Ponorogo setiap tahunnya mengadakan peringatan Maulid Nabi di Masjid Agung Ponorogo walapun kondisi belum seratus persen normal tapi keluarga besar SMP Negeri 4 Ponorogo tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik buat anak didiknya salah satu  memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dimasa pandemic Covid 19, tetapi dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol Kesehatan bekerjasama dengan  satgas atau takmir Masjid Agung Ponorogo

                Pada hari jumat, 29 Oktober 2021 semua keluarga besar SMP Negeri 4 Ponorogo Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021,  yang di ikuti  siswa kelas 7, 8, 9 yang berjumlah 715 anak Serta Bapak, Ibu Guru Karyawan-Karyawati semua bermunajat meminta ridho ilahi dengan mengadakan kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali Beristigfar yang dipimpin oleh Bapak Azis Selaku Guru PAI di SMPN 4 Ponorogo

Dilanjutkan sholat dhuha berjamaah, membaca surat Yasin dilanjutkan acara ceremonial dengan pembawa  acara Ibu Purwatiningsih, pembaca ayat-ayat suci Al-Quran Eilova Almira kelas 8 G dengan Muhamad Syafiq Kelas 9 A. Bapak Basuki, S.Pd., M.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 4 Ponorogo dalam sambutannya saangat bersyukur sekali kegiatan seperti ini bisa terlaksana kembali, sebab selama 2 tahun tidak bisa melaksanakan kegiatan keagamaan karena pandemi Covid 19. Ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada panitia, ta’mir masjid Agung dan juga pengurus OSIS yang telah membantu terlasakanya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara inti mauidhoh hasanah yang di sampaikan oleh KH. Drs. Imam Fauzan, MM, Kami memilih hari juamat karena hari jumat merupakan hari yang mulia. Seperti yang disampaikan al ustad Drs. Imam Fauzan, MM yaitu hari jumat adalah hari yang ditunggu oleh Nabi Muhammad SAW untuk bersholawat dalam ceramah juga dibahas sifat-sifat Rasul

  1. Tersenyum
  2. Mensyukuri Nikmat Allah SWT
  3. Tidak membalas kejahatan dengan kejahatan
  4. Jujur
  5. Istirahat yang cukup
  6. Makan secukupnya

Itu sifat Rasullullah yang disampakan dalam kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW di pagi hari ini

Mari dengan kita Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW , dapat dijadikan sebagai moment meningkatkan kasih sayang, mengutamakan kebenaran, mempererat tali persaudaraan serta menjunjung tinggi toleransi. Serta dapat menerpakan sifat Rosullullah dalam kehidupan kita sehari-hari. Alhamdulilah peringatan tersebut bisa terselenggara dengan sukses berkat kerjasama dan kekompakan keluarga besar SMP Negeri 4 Ponorogo, sekolah kami terus berbenah demi melayani masyarakat Ponorogo untuk ikut menyukseskan dengan program Kabupaten menuju ponorogo hebat dan bermartabat. (adf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *